PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL)


MK REKAYASA PERANGKAT LUNAK


    Pendahuluan


        Rekayasa Perangkat Lunak merupakan satu displin ilmu yang bertujuan mengembangkan sistem perangkat lunak dari segi biaya. Perangkat lunak bersifat abstrak dan tidak nyata. Perangkat lunak tidak terbuat dari unsur, mengikuti hukum fsika atau proses manufaktur.
           
       Istilah Rekayasa Perangkat Lunak pertama kali diajukan pada tahun 1968 pada konferensi yang diselenggarakan untuk membahas apa yang pada waktu itu disebut "Krisis Perangkat Lunak". Krisis Perangkat Lunak ini merupakan akibat langsung dari lahirnya perangkat keras komputer dari generasi ketiga yang canggih (pada waktu itu). Kecanggihan membuat aplikasi komputer yang belum terealisasi pada saat itu menjadi beberapa kali lipat lebih besar dan lebih kompleks dari sistem perangkat lunak sebelumnya.

         
Apa Perangkat Lunak itu ?

       Perangkat Lunak tidak hanya mencakup program, tetapi juga semua dokumentasi dan konfigurasi data yang berhubungan, yang diperlukan untuk membuat program beroperasi dengan benar. Sistem perangkat lunak biasanya terdiri dari sejumlah program yang terpisah, file-file konfigurasi yang digunakan untuk membuat program-program ini, dokumentasi sistem yang mendeskripsikan struktur sistem dan dokumentasi user yang menjelaskan bagaimana penggunaan sistem.

Tipe Produk Perangkat Lunak
  • Produk Generik yang merupakan sistem stand alone (berdiri sendiri) standar yang diproduksi oleh organisasi pengembang dan dijual pada pasar terbuka ke siapapun yang bisa membelinya. Kadangkala perangkat lunak ini disebut sebagai perangkat lunak shrink-wrapped. (dikecilkan dan dikemas).
  • Produk Pesanan (yang disesuaikan) ini merupakan sistem-sistem yang dipesan oleh pelanggan tertentu. Perangkat lunak dikembangkan khusus bagi pelanggan tersebut oleh kontraktor perangkat lunak.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK

      Rekayasa Perangkat Lunak adalah disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan. "Disiplin Rekayasa" perekayasa membuat suatu alat bekerja. Mereka menerapkan teori, metode dan alat bantu yang sesuai, selain itu mereka menggunakannya dengan selektif dan selalu mencoba mencari solusi terhadap permasalahan, walaupun tidak ada teori atau metode yang mendukung.  
" Semua aspek produksi perangkat lunak" rekayasa perangkat lunak tidak hanya berhubungan dengan proses teknis dari pengembangan perangkat lunak tetapi juga dengan kegiatan seperti manajemen proyek perangkat lunak dan pengembangan alat bantu, metode dan teori untuk mendukung produksi perangkat lunak.

KEGIATAN PROSES PERANGKAT LUNAK
  • Spesifikasi Peragkat Lunak Fungsionalitas perangkat lunak dan batasan kemampuan operasinya harus didefinisikan.
  • Pengembangan Perangkat Lunak. Perangkat lunak yang memenuhi spesifikasi tersebut harus diproduksi.
  • Validasi Perangkat Lunak. Perangkat lunak harus divalidasi untuk menjamin bahwa perangkat lunak melakukan apa yang diinginkan oleh pelanggan.
  • Evolusi perangkat lunak.  Perangkat lunak harus berkembang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berubah-ubah.
      Proses perangkat lunak yang berbeda mengatur kegiatan ini dengan cara berbeda dan dijelaskan dengan tingkat kerincian yang berbeda pula. Waktu kegiatan bervariasi sebagaimana hasilnya. Pengaturan yang berbeda dapat menggunakan proses yang berbeda untuk menghasilkan produk dengan jenis yang sama.

MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK ?

     Model proses perangkat lunak merupakan deskripsi yang disederhanakan dari proses perangkat lunak yang dipresentasikan dengan sudut pandang tertentu.
    Model, sesuai sifatnya merupakan penyederhanaan sehingga model proses perangkat lunak merupakan abstraksi dari proses sebenarnya yang dideskripsikan . Model proses bisa mencakup kegiatan yang merupakan bagian dari proses perangkat lunak.

JENIS MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
  • Model aliran kerja (workflow). Model ini merupakan urutan kegiatan paad proses bersama dengan input output dan ketergantungannya.
  • Model aliran data ( data flow)  atau kegiatan. Model ini merepresentasikan proses sebagai satu set kegiatan yang masing-masing melakukan transformasi data.
  • Model peran/aksi. Model ini merepresentasikan peran orang yang terlibat pada proses perangkat lunak dan kegiatan yang menjadi tanggung jawab mereka. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGISNTAL DBMS (MYSQL)

GENERIC PROCESS FRAMEWORK