SOFTWARE ENGINEERING PRACTICE

MK REKAYASA PERANGKAT LUNAK


* Prinsip Yang Memandu Proses
  • Cerdas
  • Fokus pada kualitas untuk setiap langkah
  • Siap untuk beradaptasi
  • Bangun tim yang efektif
* Prinsip Yang Memandu Praktik
  • Paham dan menggunakan abstraksi
  • Berusaha konsisten => dari awal sampai akhir 
  • Fokus pada transfer informasi
  • Carilah pola => menangkap pengetahuan arsitektur yang baik yang kita pahami yang memenuhi kebutuhan pengguna
  • Ingat bahwa seseorang akan memelihara SW
Communication Practice
Komunikasi Efektif yaitu :

  • Dengarkan Baik-baik
  • Persiapkan sebelum anda Berkomunikasi
  • Seseorang harus memfasilitasi aktivitas
  • Komunikasi tatap muka adalah yang terbaik
  • Buat catatan dan keputusan dokumen
  • Berjuang untuk berkolaborasi
  • Negoisasi berhasil ketika kedua pihak menang
Communication Principles
Prinsip Komunikasi yaitu :
  • Alasan semua ada
  • KISS ( Keep It Simple)
  • Pertahankan Visi
  • Apa yang anda hasilkan, yang lain akan mengkonsumsi
  • Bersikap terbuka untuk masa depan
  • Rencana kedepan untuk digunakan kembali
  • Pikirkan
Planning Practice Principle
Prinsip Praktik Perencanaan yaitu :
  • Memahami ruang lingkup proyek
  • Libatkan pelanggan dalam kegiatan perencanaan
  • Kenali bahwa perencanaan bersifat berulang
  • Perkirakan berdasarkan apa yang anda ketahui
  • Pertimbangkan resiko saat anda menentukan rencana
  • Jadilah realistis.Orang tidak bekerja 100% setiap hari
  • Sesuaikan granularitas saat anda menentukan rencananya
  • Tentukan bagaimana anda ingin memastikan kualitas
  • Jelaskan bagaimana anda ingin mengakomodasi perubahan
  • Lacak rencana secara teratur dan lakukan penyesuaian yang diperlukan
Modeling Principles
Prinsip Pemodelan yaitu :
  • Domain informasi suatu masalah harus diwakili dan dipahami
  • Fungsi-fungsi yang dilakukan oleh perangkat lunak harus didefinisikan
  • Perilaku perangkat lunak harus diwakili
  • Model yang menggambarkan Informasi, fungsi, dan perilaku harus dipartisi dengan cara yang mengungkap detail secara berlapis
  • Tugas analisis harus beralih dari infomasi penting ke arah detail pelaksanaan
Design Modeling Principles
Prinsip Perancangan Desain yaitu :
  • Desain harus dapat dilacak ke model analisis
  • Selalu perhatikan arsitektur sistem yang akan dibangun
  • Desain data sama pentingnya dengan desain fungsi pengolahan
  • Antarmuka (baik internal maupun eksternal) harus dirancang dengan hati-hati
  • Desain antarmuka pengguna harus disesuaikan dengan kebutuhan pengguna akhir
  • Komponen harus digabungkan secara longgar satu sama lain dan dengan lingkungan 
  • Perancangan representasi (model) harus mudah dimengerti
  • Desainnya harus dikembangkan secara iteratif
Construction Practice
Praktek Konstruksi yaitu :
  • Penciptaan langsung kode sumber bahasa pemprograman
  • Pembuatan otomatis kode sumber menggunakan representasi antara desain seperti komponen yang akan dibangun
  • Generasi otomatis kode yang dapat dieksekusi menggunakan bahasa pemprograman generasi keempat
Construction Principles 
Prinsip Konstruksi yaitu :
  • Prinsip Persiapan : Sebelum menulis satu baris kode, pastikan anda :
  1. Pahami masalah yang ingin anda pecahkan
  2. Memahami prinsip dan konsep desain dasar
  3. Pilih bahasa pemprograman yang sesuai dengan kebutuhan perangkat lunak pada gagang dan lingkungan tempat pengoprasiannya
  4. Pilih lingkungan pemprograman yang menyediakan alat yang akan mempermudah peerjaan anda
  5. Buat satu set tes unit yang akan diterapkan setelah komponen kode anda selesai
  • Prinsip Pengkodean : Saat anda memulai menulis kode, pastikan anda :
  1. Batasi algoritma anda dengan mengikuti praktik pemrograman terstruktur
  2. Pilih struktur data yang akan memenuhi kebutuhan desain.
  3. Memahami arsitektur perangkat lunak dan membuat antarmuka yang konsisten.
  4. Buatlah pernyataan bersyarat sesederhana mungkin. 
  5. Buat loop bersarang dengan cara yang membuatnya mudah diuji. 
  6. Pilih nama variabel yang berarti dan ikuti standar pengkodean lokal lainnya. 
  7. Tuliskan kode yang mendokumentasikan sendiri. 
  8. Buat tata letak visual yang membantu pemahaman. 
  • Prinsip-Prinsip Validasi : Setelah Anda menyelesaikan pass coding pertama Anda, pastikan Anda: 
  1. Membangun infrastruktur arsitektural
  2. Buat komponen perangkat lunak
  3. Unit menguji komponennya. 
Testing Principles 
Prinsip Pengujian yaitu :
  • Semua tes harus dilacak pada persyaratan pelanggan
  • Tes harus direncanakan jauh sebelum pengujian dimulai
  • Pare to Principle berlaku untuk pengujian perangkat lunak
  • Pengujian harus di mulai "dalam skala kecil" dan berkembang menuju pengujian "dalam skala besar"
  • Pengujian yang mendalam tidak mungkin dilakukan 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGISNTAL DBMS (MYSQL)

GENERIC PROCESS FRAMEWORK